Perekonomian Rumah Tangga Korea Mengalami Resesi Tetapi Surplus pada 2020

Di tengah krisis ekonomi akibat penyebaran Covid-19 pada tahun 2020, surplus seluruh rumah tangga Korea mencapai rekor tertinggi.

Namun, kesenjangan pendapatan semakin melebar, dengan defisit rumah tangga berpenghasilan rendah semakin parah dan surplus rumah tangga berpenghasilan tinggi meningkat tajam.

Pada 22 Maret 2021, menurut hasil survei tren rumah tangga oleh Badan Pusat Statistik, angka surplus, yang merupakan persentase sisa uang dari konsumsi dan pengeluaran rumah tangga nasional dengan dua orang atau lebih tahun lalu, adalah 32,9% di kuartal pertama, 32,3% di kuartal kedua, dan 30,9% di kuartal ketiga, semuanya melebihi 30% dengan 30,4% di kuartal keempat.

Dalam survei tren rumah tangga yang disusun sejak tahun 2003, hanya lima kali jumlah rumah tangga yang mencatat surplus triwulanan sebesar 30% atau lebih. 4 dari 5 waktu tersebut terjadi tahun lalu dan satu kali terjadi pada kuartal keempat tahun 2016.

Pada kuartal keempat tahun 2020, tingkat surplus rumah tangga pada 20% pendapatan terbawah tercatat -17,8%, dan tingkat surplus rumah tangga 20% pendapatan teratas adalah 42,8%.

Para ahli menjelaskan bahwa pengurangan pengeluaran konsumsi yang disebabkan oleh jaga jarak sosial dan penyesuaian pengeluaran konsumsi untuk mempersiapkan guncangan ekonomi masa depan yang tidak pasti telah dilakukan.

글쓴이: margarethmega

margareth_mega@yahoo.com

답글 남기기

아래 항목을 채우거나 오른쪽 아이콘 중 하나를 클릭하여 로그 인 하세요:

WordPress.com 로고

WordPress.com의 계정을 사용하여 댓글을 남깁니다. 로그아웃 /  변경 )

Google photo

Google의 계정을 사용하여 댓글을 남깁니다. 로그아웃 /  변경 )

Twitter 사진

Twitter의 계정을 사용하여 댓글을 남깁니다. 로그아웃 /  변경 )

Facebook 사진

Facebook의 계정을 사용하여 댓글을 남깁니다. 로그아웃 /  변경 )

%s에 연결하는 중